Nama : Siti Halimah
Npm : 19111526
Kls : 4KA41
TULISAN
SOFTSKILL YANG KE 4
1.Jelaskan dengan lengkap dan
gambarkan antarmuka OS yang bersentuhan dengan user !
Jawab :
Pengertian antarmuka ( interface)
merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna dengan user atau Antarmuka
adalah komponen sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna. Interface,
berfungsi untuk menginput pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem
pakar (ES), menampilkan penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian
sistem secara menyeluruh / step by step sehingga pengguna mengerti apa yang
akan dilakukan terhadap suatu system. Tujuan sebuah interface adalah
mengkomunikasikan fitur-fitur sistem yang tersedia agar user mengerti dan dapat
menggunakan sistem tersebut. Dalam hal ini penggunaan bahasa amat efektif untuk
membantu pengertian, karena bahasa merupakan alat tertua (barangkali kedua
tertua setelah gesture) yang dipakai orang untuk berkomunikasi sehari-harinya.
Praktis, semua pengguna komputer dan Internet (kecuali mungkin anak kecil yang
memakai komputer untuk belajar membaca) dapat mengerti tulisanTerdapat dua jenis antarmuka,
yaitu Command Line Interface(CLI) dan Graphical User
Interface(GUI).
CLI (Command Line Interface) adalah
tipe antarmuka dimana pengguna berinteraksi dengan sistem operasi melalui text-terminal.
Pengguna menjalankan perintah dan program di sistem operasi tersebut dengan
cara mengetikkan baris-baris tertentu. Meskipun konsepnya sama, tiap-tiap
sistem operasi memiliki nama atau istilah yang berbeda untuk CLI-nya. UNIX
memberi nama CLI-nya sebagai bash, ash, ksh, dan lain sebagainya. Microsoft
Disk Operating System (MS-DOS) memberi nama command.com atau Command Prompt.
Sedangkan pada Windows Vista, Microsoft menamakannya PowerShell. Pengguna Linux
mengenal CLI pada Linux sebagai terminal, sedangkan pada Apple
namanya adalah commandshell.
Contoh
Tampilan CLI (Command Line Interface)
GUI (Graphical User Interface) adalah
tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan sistem
operasi melalui gambar-gambar grafik, ikon, menu, dan menggunakan perangkat
penunjuk ( pointing device) seperti mouse atau track
ball. Elemen-elemen utama dari GUI bisa diringkas dalam konsep WIMP (window,
icon, menu, pointing device). Pengguna komputer yang awam seringkali
menilai sebuah sistem operasi dari GUI-nya. Sebuah sistem operasi dianggap
bagus jika tampilan luarnya (GUI-nya) bagus. Padahal, seperti telah dijelaskan
sebelumnya, komponen sistem operasi tidak hanya GUI, sehingga penilaian
terhadap sebuah sistem operasi tidak bisa hanya dari satu komponen saja. Karena
GUI adalah kesan pertama pengguna dengan sistem operasi itu, setiap pengembang
sistem operasi berlomba-lomba mengembangkan GUI-nya dengan keunggulannya
masing-masing.
Sejarah mencatat bahwa Xerox PARC (Palo Alto
Research Center) yang pertama kali meriset tentang GUI. Pada tahun 1984, Apple
merilis Macintosh yang menggunakan GUI hasil riset Xerox PARC. Beberapa tahun
kemudian, Microsoft merilis sistem operasi Windows-nya yang juga menggunakan
GUI. Apple mengklaim bahwa Microsoft mencuri ide dari Apple.
Seperti halnya CLI, tiap-tiap sistem operasi juga memiliki nama tersendiri
untuk komponen GUI-nya. Pada Apple Mac OS X, GUI-nya disebutAqua. Microsoft
memberi nama GUI Windows XP sebagai Lunar dan GUI Windows Vista sebagai Aero.
Pada Linux, ada dua pengembang utama desktop environment pada
Linux, yang masing-masing menghasilkan produk KDE (KDesktop Environment)
dan GNOME. KDE digunakan pada beberapa distro seperti SuSE dan Mandrake,
sedangkan GNOME dipakai pada beberapa distro seperti Fedora Core dan Ubuntu
Contoh
Gambar Tampilan GUI (Graphics User Interface)
2. Jelaskan perkembangan middleware dari waktu ke waktu yang dapat dikategorikan sebagai berikut :
a. OLTP (OnLine Transaction Processing)
a. OLTP (OnLine Transaction Processing)
b.
RPC (Remote Procedure Call)
Jawab :
Dalam
dunia teknologi informasi, terminologi middleware adalah istilah umum dalam
pemrograman komputer yang digunakan untuk menyatukan, sebagai penghubung,
ataupun untuk meningkatkan fungsi dari dua buah progaram/aplikasi yang telah
ada. Tujuan utama layanan
middleware adalah untuk membantu memecahkan interkoneksi beberapa aplikasi dan
masalah interoperabilitas.
Perkembangan
middleware dari waktu ke waktu dapat dikatagorikan sebagai berikut :
a. OLTP
(On Line Transaction Processing) merupakan perkembangan awal dari koneksi antar
remote database. Pertama kali ditemukan tahun 1969 oleh seorang engineer di
Ford, kemudian diadopsi oleh IBM hingga kini dikenal sebagai proses OLTP.
DIGITAL ACMS merupakan contoh lainnya yang sukses pada tahun 70-an dan 80-an. UNIX
OLTP lainnya seperti: Encina, Tuxedo pada era 80-an, serta DIGITAL CICS untuk
UNIX yang memperkenalkan konsep dowsizing ke pasar.
Gambar OLTP
b.
RPC (Remote Procedure Call) menyediakan fasilitas jaringan secara transparan.
Open Network Computing (ONC) merupakan prototipe pertama yang diperkenalkan
awal tahun 70-an. Sun unggul dalam hal ini dengan mengeluarkan suatu standar
untuk koneksi ke internet. Distributed Computing Environment (DCE) yang
dikeluarkan oleh Open Systems Foundation (OSF) menyediakan fungsi-fungsi ONC
yang cukup kompleks dan tidak mudah untuk sis administrasinya.
Gambar RPC
3. Jelaskan dan sebutkan macam-macam DBMS !
1. MySQL
MySQL
merupakan sebuah perangkat lunak system manajemen basis data SQL (bahasa inggris
: data management system) atau DNMS yang multithread, multi-user, dengan
sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia
sebagai perangkat lunak gratis di bawah lisensi GNU General Public Licenci
(GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus
dimana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL. MySQL dimiliki dan
disponsori oleh sebuah perusahaan komersial Swedia yaitu MySQL AB. MySQL AB
memegang penuh hak cipta hampir atas semua kode sumbernya. Kedua orang Swedia
dan satu orang Finlandia yang mendirikan MySQL AB adalah : david axmark, allan
larsson, dan Michael “monthy widenius.
Kelebihan
MySQL antara lain : free (bebas didownload), stabil dan tangguh, fleksibel
dengan berbagai pemrograman, Security yang baik, dukungan dari banyak
komunitas, kemudahan management database, mendukung transaksi, perkembangan
software yang cukup cepat.
2. ORACLE
Oracle
merupakan DBMS yang paling rumit dan paling mahal di dunia, namun banyak orang
memiliki kesan yang negatif terhadap Oracle. Keluhan-keluhan yang mereka
lontarkan mengenai Oracle antara lain adalah terlalu sulit untuk digunakan,
terlalu lambat dan terlalu mahal. Oracle adalah relational database management
system (RDBMS) untuk mengelola informasi secara terbuka, komprehensif dan
terintegrasi. Oracle Server menyediakan solusi yang efisien dan efektif karena
kemampuannya dalam hal sebagai berikut:
Dapat
bekerja di lingkungan client/server (pemrosesan tersebar)
Menangani
manajemen space dan basis data yang besar
Mendukung
akses data secara simultan
Performansi
pemrosesan transaksi yang tinggi
Menjamin
ketersediaan yang terkontrol
3. FIREBIRH
Firebird adalah salah satu aplikasi RDBMS (Relational Database Management
System) yang bersifat open source. Awalnya adalah perusahaan Borland yang
sekitar tahun 2000 mengeluarkan versi beta dari aplikasi database-nya InterBase
6.0 dengan sifat open source. Namun entah kenapa tiba-tiba Borland tidak lagi
mengeluarkan versi InterBase secara open source, justru kembali ke pola
komersial software. Tapi pada saat yang bersamaan programmer-progammer yang
tertarik dengan source code InterBase 6.0 tersebut lalu membuat suatu team
untuk mengembangkan source code database ini dan kemudian akhirnya diberinama
Firebird.
4.
Microsoft SQL server 2000
Microsoft
SQL Server 2000 adalah perangkat lunak relational database management system
(RDBMS) yang didesain untuk melakukan proses manipulasi database berukuran
besar dengan berbagai fasilitas. Microsoft SQL Server 2000 merupakan produk
andalan Microsoft untuk database server. Kemampuannya dalam manajemen data dan
kemudahan dalam pengoperasiannya membuat RDBMS ini menjadi pilihan para
database administrator.
5. Visual
Foxpro 6.0
Pada
tahun 1984, Fox Software memperkenalkan FoxBase untuk menyaingi dBase II
Ashton-Tate. Pada saat itu FoxBase hanyalah perangkat lunak kecil yang berisi
bahasa pemrograman dan mesin pengolah data. FoxPro memperkenalkan GUI
(Graphical Unit Interface) pada tahun 1989. FoxPro berkembang menjadi Visul
FoxPro pada tahun 1995. kemampuan pemrogrman prosural tetap dipertahankan dan
dilengkapi dengan pemrograman berorietasi objek. Visual FoxPro 6.0 dilengkapi
dengan kemampuan untuk berinteraksi dengan produk desktop dan client/server
lain dan juga dapat membangun aplikasi yang berbasis Web. Dengan adanya Visual
Studio, FoxPro menjadi anggotanya. Sasaran utama Visual Studio adalah
menyediakan alat bantu pemrogrman dan database untuk mengembangka perangkat
lunak yang memenuhi tuntutan zaman.
6. Database Desktop Paradox
Database
desktop merupakan suatu program “Add-Ins”, yaitu program terpisah yang langsung
terdapat pada Borland Delphi. Pada database desktop terdapat beberapa DBMS yang
terintegrasi di dalamnya antara lain Paradox 7, Paradox 4, Visual dBase,
Foxpro, Ms. SQL, Oracle, Ms. Acces, db2 dan interbase. Dari beberapa DBMS
tersebut kita akan memilih salah satu yaitu Paradox yang akan dibahas lebih
lanjut, khususnya Paradox 7. Dalam Paradox 7 ini, pada 1 file database hanya
mengizinkan 1 tabel, berbeda dengan DBMS lain yang mengizinkan beberapa tabel
pada 1 file database seperti pada Ms. Acces.
SUMBER :
http://muhamadjaelani35.blogspot.com/2013/04/pengertian-in
Tidak ada komentar:
Posting Komentar