Senin, 05 Januari 2015

PENGANTAR TELEMATIKA TUGAS KE 4


Nama   : Siti Halimah
Npm     : 19111526
Kls        : 4KA41
TUGAS SOFTSKILL YANG KE 4
1.Buatlah kesimpulan macam-macam proposal yang ada tentang strategi kebijakan pembangunan telematika. 
Jawab :
Bagi sementara pihak, sektor Telematika (telekomunikasi, teknologi informasi, dan multimedia) masih dianggap sebagai sektor yang kurang menarik untuk dibicarakan terutama dalam konteks diskursus politik praktis. Padahal, sector Telematika memiliki posisi strategis dalam kontribusinya terhadap perencanaan danimplementasi strategi pembangunan ekonomi, sosial, politik, dan pertahanan keamanan nasional.
Permasalahan  di  sektor  Telematika yang belum  teratasi yaitu rendahnya  infrastruktur jaringan telekomunikasi, rendahnya penetrasi Internet, pasar yang masih  dikuasai oleh pelaku dominan,  masih relatif rendahnya kontribusi sektor telematika  terhadap pendapatan nasional,  makin terbukanya  entry barrier  bagi produk dan jasa  asing  untuk  masuk  ke  Indonesia,  sementara  produk  dan  jasa  Indonesia  di  bidang  telematika  yang  diekspor  ke  luar  negeri  masih  rendah  dan  seringkali  tidak  mampu  bersaing  di  pasar  global.
Kontribusi sektor Telematika kepada Pendapatan Nasional baru mencapai 5,1% untuk tahun 2000 dan 5,8% untuk tahun 2001. Belum cukup signifikan, namun demikian aktivitas sektor ini cukup memberi warna tersendiri dalam perekonomian nasional. Ditandai dengan mulai maraknya sekelompok anak muda membangun bisnis 2 baru menggunakan teknologi Internet, maka Indonesia tak ketinggalan dalam booming perdagangan elektronis / electronic commerce (e-commerce). Majalah Warta Ekonomi edisi Maret 2001 mencatat ada sedikitnya 900 perusahaan dotcom di Indonesia. Jika rata-rata setiap perusahaan menyerap 50 tenaga ahli di bidang Telematika, maka 45.000 tenaga kerja telah teserap dalam industri ini. Sayangnya, seiring dengan surutnya bisnis e-commerce karena di Indonesia dukungan terhadap infrastruktur informasi masih relatif sedikit, banyak perusahaan dotcom Indonesia mengikuti jejak rekan rekannya di Amerika dan Eropa, menutup usaha, atau mengurangi aktivitas bisnisnya
Peran Telematika Pembangunan sektor Telematika diyakini akan memengaruhi perkembangan sektor-sektor lainnya. Sebagaimana diyakini oleh organisasi telekomunikasi dunia, ITU, yang konsisten menyatakan bahwa dengan asumsi semua persyaratan terpenuhi, penambahan investasi di sektor telekomunikasi sebesar 1% akan mendorong 3 pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 3%. Hipotesis ini telah terbukti kebenarannya di Jepang, Korea, Kanada, Australia, negara-negara Eropa, Skandinavia, dan lainnya. Mereka telah memberi perhatian besar pada sektor telekomunikasi, sehingga selain jumlah pengguna telepon (teledensity) meningkat, terjadi pula peningkatan pertumbuhan ekonomi..
Kesimpulannya :
Dalam kondisi  kelembagaan  pemerintahan  pengelola  Telematika yang  belum  memadai, harus muncul  berbagai  inisiatif dan inovasi baru  yang  dikembangkan  oleh  para  pelaku  usaha  yang  tergolong  berusia  muda  dalam  rangka  membentuk  infrastruktur  informasi alternatif yang meliputi aspek aplikasi, jasa dan infrastruktur fisik. Dari sisi teknologi terdapat empat area yang dianggap sebagai pendorong yaitu yang berkaitan dengan  bandwidth  komunikasi, teknologi peralatan elektronika, teknologi manipulasi informasi, dan teknologi sistem pembayaran yang dikembangkan secara on-line.
Peluang yang diciptakan oleh penerapan perdagangan elektronis (e-commerce) adalah terciptanya pasar-pasar baru, produk dan pelayanan baru, proses-proses bisnis  baru yang lebih efisien dan canggih, serta penciptaan perusahaan-perusahaan dengan jangkauan  lebih  (extended  enterprise).  Sedangkan  kendala  umumnya  berkisar  pada masalah  bandwidth dan kapasitas jaringan, keamanan, harga teknologi, aksesabilitas, struktur social-ekonomi-demografi, kendala politik  dan hukum, sensor, serta edukasi sosialisasi masyarakat

 Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar