Selasa, 06 November 2012

Tulisan 2

(Contoh Organisasi Negara adalah PBB,ASEAN)

Menurut James D Mooney  ada 3 prinsip yang harus ditetapkan dalamsebuah organisasi
 .    Prinsip Koordinasi
Koordinasi didefinisikan sebagai proses pengintegrasian ( penyatuan) tujuan dan kegiatan perusahaan pada satuan yang terpisah dalam suatuorganisasi untuk mencapai tujuan organisasi secara efisien.
Koordinasi dibutuhkan sekali oleh para karyawan, sebab tanpakoordinasi setiap karyawan tidak mempunyai pegangan mana yang harus diikuti,yang akhirnya akan merugikan organisasi itu sendiri.

Prinsip Saklar
Meliputi pinsip Prospektif, dan pengaruh sendiri tercermin dari kepimpinan delegasi dan definisi fungsional.

 Prinsip staf
yaitu kejelasan perbedaan antara staf dan lini Meskipun mendapat banyak kritik yang menganggap bahwa teori-teori klasik itu telah mengabaikan faktor humanistik, deterministik, dan tertutup, tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa teori klasik merupakan peletak dasar dari teori-teori organisasi modern. Prinsip Saklar dan Hirarkis.

Manusia sebagai mahluk sosial senantiasa ada kecenderungan untuk beritnteraksi dengan sesamanya. Kelompok merupakan perwujudan dari kebutuhan manusia untuk berinterkasi tersebut.
Banyak teori yang mengembangkan suatu anggapan mengenai awal mula terbentuknya kelompok. Mulai dari anggapan adanya kedekatan ruang kerja maupun daerah tempat tinggal mereka, sampai kepada alasan-alasan praktis seperti ekonomi, keamanan, dan alasan-alasan sosial lainnya. Sejumlah pegawai yang ruang kerjanya berdekatan satu sama lain akan ada kemungkinan bagi mereka untuk berkelompok. Demikian pula beberapa ibu-ibu yang tempat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar