NAMA : SITI HALIMAH
NPM : 19111526
KELAS : 4KA41
TUGAS TULISAN SOFTSKILL YANG KE 2
1. Jelaskan
dan gambar bagan masing-masingnya
A. Head
Up Display System
B. Tangible
User Interface
C. Computer
Vision
D. Browsing
Audio Data
E. Speech
Recognition
F. Speech
synthesis
Jawaban
A. Head-up display, atau disingkat HUD,
adalah setiap tampilan yang transparan menyajikan data tanpa memerlukan
pengguna untuk melihat diri dari sudut pandang atau yang biasa. Nama Head-Up
Display berasal dari penggunaan teknologi yang dilakukan user dengan melihat
informasi dengan kepala "naik" dan melihat kedepan, bukan memandang
miring ke instrumenyang lebih rendah.
B. Tangible User Interface (TUI) adalah
sebuah antar muka pengguna di mana seseorang berinteraksi dengan informasi digital
melalui lingkungan fisik. Sebuah TUI adalah salah satu teknologi dimana
pengguna berinteraksi dengan sistem digital melalui manipulasi obyek fisik
terkait dan langsung mewakili kualitas sistem tersebut.Nama awal dari TUI
adalah Graspable User Interface (GUI), yang tidak lagi digunakan.
C. Computer Vision adalah ilmu dan
teknologi mesin yang melihat, di mana lihat dalam hal ini berarti bahwa mesin
mampu mengekstrak informasi dari gambar yang diperlukan untuk menyelesaikan
tugas tertentu. Sebagai suatu disiplin ilmu, visi komputer berkaitan dengan
teori di balik sistem buatan bahwa ekstrak informasi dari gambar. Data gambar
dapat mengambil banyak bentuk, seperti urutan video, pandangan dari beberapa
kamera, atau data multi-dimensi dari scanner medis. Sebagai disiplin teknologi,
computer vision berusaha untuk menerapkan teori dan model untuk pembangunan
sistem computer vision.
D. Browsing Audio Data merupakan metode
browsing jaringan yang digunakan untuk browsing video / audio data yang
ditangkap oleh sebuah IP kamera.
E. Speech Recognition adalah proses
identifikasi suara berdasarkan kata yang diucapkan dengan melakukan konversi
sebuah sinyal akustik, yang ditangkap oleh audio device (perangkat input
suara).
F. Speech synthesis adalah transformasi
dari teks ke arah suara (speech). Transformasi ini mengkonversi teks ke pemadu
suara (speech synthesis) yang sebisa mungkin dibuat menyerupai suara nyata,
disesuaikan dengan aturan – aturan pengucapan bahasa.TTS (text to speech)
dimaksudkan untuk membaca teks elektronik dalam bentuk buku, dan juga untuk
menyuarakan teks dengan menggunakan pemaduan suara.
2. Jelaskan
secara rinci dan contohnya?
A. Lingkungan
Komputasi
B. Kebutuhan
Middleware
Jawab
A.
Lingkungan komputasi
Lingkungan komputasi adalah suatu lingkungan di mana sistem
komputer digunakan. Lingkungan komputasi dapat dikelompokkan menjadi empat
jenis : komputasi tradisional, komputasi berbasis jaringan, dan komputasi embedded, serta
komputasi gri. Pada awalnya komputasi tradisional hanya meliputi
penggunaan komputer meja (desktop) untuk pemakaian pribadi di kantor
atau di rumah. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi maka komputasi
tradisional sekarang sudah meliputi penggunaan teknologi jaringan yang
diterapkan mulai dari desktop hingga sistem genggam. Perubahan
yang begitu drastis ini membuat batas antara komputasi tradisional dan
komputasi berbasis jaringan sudah tidak jelas lagi.
Lingkungan
komputasi itu sendiri bisa diklasifikasikan berdasarkan cara data dan instruksi
programnya dihubungkan yang terdiri atas empat kategori berikut ini:
1. Single
instruction stream-single data stream (SISD), terdapat satu prosesor dan
biasa juga disebut komputer sekuensial, contohnya komputer model van Neumann.
2. Single instruction stream-multiple
data stream (SIMD), terdapat sejumlah prosesor dan aliran data, tetapi
hanya memiliki satu instruksi/program. Setiap prosesor memiliki memori lokal
dan duplikasi program yang sama sehingga masing-masing prosesor akan
mengeksekusi instruksi/program yang sama, tetapi pada data yang berbeda dan
prosesor bekerja secara sinkron sehingga mendukung paralelisasi pada proses
komputasi data.
3. Multiple instruction stream-single
data stream (MISD), terdapat sejumlah prosesor, kontrol unit dan aliran
instruksi tetapi hanya memiliki satu aliran data. Data yang ada di common
memoryakan dimanipulasi secara bersamaan oleh semua prosesor, akibatnya akan
terjadi kendala jika sejumlah prosesor melakukanupdate data sedangkan data
yang lama masih dibutuhkan oleh sejumlah prosesor lainnya. Sampai saat ini belum ada implementasi mesin komputer
yang memenuhi kategori ini.
4. Multiple instruction stream-multiple
data stream (MIMD), terdapat sejumlah prosesor, aliran instruksi dan
aliran data. Setiap prosesor memiliki kontrol unit, memori lokal serta memori
bersama (shared memory) yang mendukung proses paralelisasi dari sisi data dan
instruksi. Prosesor dapat bekerja sesuai dengan instruksi program
yang berbeda dan pada data yang berbeda. Prosesor juga dapat bekerja
secara asinkron.
A. Kebutuhan Middleware
Middleware adalah
software yang dirancang untuk mendukung pengembangan sistem tersebar dengan
memungkinkan aplikasi yang sebelumnya terisolasi untuk saling berhubungan.
Dengan bantuan middleware, data yang sama dapat digunakan oleh
customer service, akuntansi, pengembangan, dan manajemen sesuai kebutuhan. Di
sini middleware dapat berfungsi sebagai penerjemah informasi
sehingga setiap aplikasi mendapatkan format data yang dapat mereka proses.
Pengertian
Middleware adalah sebuah aplikasi yang secara logic berada diantara lapisan
aplikasi (application layer) dan lapisan data dari sebuah arsitektur
layer-layer TCP/IP [1]. Middleware bisa juga disebut protokol. Protokol
komunikasi middleware mendukung layanan komunikasi aras tinggi.
Software yang berfungsi sebagai lapisan
konversi atau penerjemah yaitu :
1. Software penghubung yang berisi
sekumpulan layanan yang memungkinkan beberapa proses dapat berjalan pada satu
atau lebih mesin untuk saling berinteraksi pada suatu jaringan juga sebagai
integrator.
2. Middleware saat ini dikembangkan
untuk memungkinkan satu aplikasi berkomunikasi dengan lainnya walaupun berjalan
pada platform yang berbeda.
Layanan Middleware.
Menyediakan kumpulan fungsi API (Application Programming Interfaces) yang lebih tinggi daripada API yang disediakan sistem operasi dan layanan jaringan yang memungkinkan suatu aplikasi dapat :
Menyediakan kumpulan fungsi API (Application Programming Interfaces) yang lebih tinggi daripada API yang disediakan sistem operasi dan layanan jaringan yang memungkinkan suatu aplikasi dapat :
1. Mengalokasikan suatu
layanan secara transparan pada jaringan.
2. Menyediakan interaksi
dengan aplikasi atau layanan lain.
Kebutuhan
middleware di masa yang akan datang
Saat
ini, hampir seluruh aplikasi terd istribusi dibangun dengan menggunakan middleware.
Menurut IDC, sepanjang 2003, kebutuhan terhadap teknologi middleware akan
naik di berbagai segmen, termasuk juga Linux. Terlebih, Linux memiliki juga
potensi untuk berkembang menjadi sistem operasi untukembedded systems.
Dengan prediksi pasar embedded sytems mencapai $1.4 milliar di
tahun 2006 dan laju pertumbuhan per tahun (CAGR) 18.6 persen (laporan IDC
2003), kebutuhan middleware sebagai penghubung beragam sistem
akan meningkat. Masih menurut IDC, perkembangan segmen middleware
terbesar akan terjadi dalam alat yang membantu system manajemen bisnis. Hal
ini terjadi untuk memenuhi permintaan akan integrasi aplikasi yang lebih baik.
Linux, didukung oleh bermacam produk middleware, memberikan pilihan
sistem operasi dan middleware yang stabil, dengan harga yang
bersaing.
Contoh-contoh Middleware :
ODBC
(Open Database Connectivity) adalah suatu middleware berbasis
Windows yang digunakan untuk berinteraksi denga berbagai database
JDBC
(Java Database Connectivity) memungkinkan applet mengakses
database, Bisa digunakan pada JSP
Contoh
Middleware
1. Java’s: Remote Procedure
Call
2. Object Management Group’s:
Common Object Request Broker Architecture (CORBA)
3. Microsoft’s
COM/DCOM (Component Object Model)
4. Also .NET Remoting
Contoh
Layanan Middleware
Transaction Monitor
1. Produk pertama yang
disebut middleware.
2. Menempati posisi antara
permintaan dari program client dan database, untuk menyakinkan bahwa semua
transaksi ke database terlayani dengan baik
Messaging
Middleware
1. Menyimpan data
dalam suatu antrian message jika mesin tujuan sedang mati atau
overloaded
2. Mungkin berisi
business logic yang merutekan message ke ujuan sebenarnya dan
Memformat ulang data lebih tepat
3. Sama seperti sistem
messaging email, kecuali messaging middleware digunakan untuk
mengirim data antar aplikasi
Contoh
Layanan Middleware
Distributed Object
Middleware , Contoh: RPC, CORBA dan DCOM/COM
Middleware basis
data, Contoh: JDBC, ODBC, dan ADO.NET
Application Server
Middleware , Contoh : J2EE Application Server, Oracle Application Server
3. Jelaskan, gambarkan dan
contoh masing-masing dari :
A. Manajemen data sisi
client
B. Manajemen data sisi
server
C. Manajemen data base
system
Jawab
A. Manajemen Data Sisi Client
Manajemen Data adalah pengembangan dan penerapan arsitektur,
kebijakan, praktik, dan prosedur yang secara benar menangani siklus hidup
lengkap data yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan. Jadi, Manajemen data
telematika merupakan prosedur yang menangani siklus hidup lengkap data yang
dibutuhkan oleh perusahaan dengan bantuan telematika.
Ada beberapa karakteristik dari sisi
klien pada umunya sudah kita ketahui, yaitu :
1. Pihak klien selalu memulai
permintaan/permohonan ke pihak server
2.
Setelah mengirim permintaan, kemudian klien akan menunggu balasan atau
jawaban atas permintaannya dari server
3.
Menerima balasan dari server atas permintaannya
4.
Biasanya klien akan terhubung ke sejumlah kecil dari server pada satu waktu
5.
Biasanya berinteraksi langsung dengan end-user (pengguna akhir) dengan
menggunakan
user interface (antarmuka pengguna)
6.
Khusus jenis klien mencakup web browser, email klien dan online chat klien
Manajemen
Data yang terjadi pada sisi klien dapat kita pahami pada DBMS dibawah ini.
* Mobile
DBMS (Embedded/Ultra tiny/Java Database) Merupakan suatu DBMS yang terdapat
pada peralatan bergerak (mobile device). Mobile DBMS
adalah versi khusus dari sebuah departemen atau perusahaan DBMS. Ini dirancang untuk digunakan dengan remote pengguna
yang biasanya tidak terhubung ke jaringan. DBMS memungkinkan mobileakses database lokal
dan modifikasi pada laptop atau perangkat genggam,
seperti PDA atauPocketPC Palm. Selanjutnya, mobile
DBMS menyediakan mekanisme untuk sinkronisasi perubahan basis data
jauh terpusat, perusahaan atau departemen server database.
B. Manajemen Data Sisi Server
Manajemen
Data yang terjadi pada sisi server dapat kita pahami pada versi DBMS dibawah
ini.
* MODBMS
(Moving Object DBMS)
MODBMS (Memindahkan Obyek DBMS) adalah
sebuah DBMS yang menyimpan dan mengelola informasi lokasi serta dinamis lainnya
informasi tentang obyek bergerak. MODBMS
memungkinkan seseorang untuk mewakili benda-benda bergerak dalam database dan
untuk menanyakan pertanyaan tentang gerakan tersebut. Daerah MODBMS merupakan bidang yang belum dijelajahi
relatif terhadap RDBMS atau DBMS Spasial di mana beberapa karya yang telah
dilakukan dalam standarisasi dan komersialisasi. Ada beberapa penelitian
prototipe untuk MODBMS seperti DOMINO tetapi hanya sedikit produk MODBMS
komersial. Memindahkan objek dapat diklasifikasikan ke dalam bergerak poin dan
bergerak daerah. Memindahkan objek hanya relevan tergantung waktu posisi dalam
ruang. Mereka bisa mobil, truk, pesawat terbang, kapal atau ponsel pengguna.
Pindah daerah objek bergerak dengan rupa seperti badai, hutan file, tumpahan
minyak, wabah penyakit, dan sebagainya. Pindah daerah berubah posisi dan
geometri objek dengan waktu sambil bergerak poin hanya berubah posisi benda.
A.Manajemen
Data Base System
* Data
Nilai/value yang turut
merepresentasikan deskripsi dari suatu objek atau kejadian (event). Data adalah
representasi fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti manusia
(pegawai, siswa, pembeli, pelanggan), barang, hewan peristiwa, konsep, keadaan,
dan sebagainya yang direkam dalam bentuk angka, huruf, simbol, teks, gambar,
bunyi, atau kombinasinya.
Data adalah kenyataan yang
menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan
kesatuan nyata. Kejadian (event) adalah sesuatu yang terjadi pada saat
tertentu. Sebagai contoh, dalam dunia bisnis kejadian-kejadian nyata yang sering terjadi adalah perubahan dari suatu nilai yang disebut dengan transaksi. Misalnya penjualan adalah transaksi perubahan nilai barang menjadi nilai uang atau nilai piutang dagang. Kesatuan nyata (fact and entity) adalah berupa suatu obyek nyata seperti tempat, benda dan orang yang betul-betul ada dan terjadi. Sumber dari informasi adalah data. Data merupakan bentuk jamak dari bentuk tunggal data-item. Data merupakan bentuk yang belum dapat memberikan manfaat yang besar bagi penerimanya, sehingga perlu suatu model yang nantinya akan dikelompokkan dan diproses untuk menghasilkan informasi.
kesatuan nyata. Kejadian (event) adalah sesuatu yang terjadi pada saat
tertentu. Sebagai contoh, dalam dunia bisnis kejadian-kejadian nyata yang sering terjadi adalah perubahan dari suatu nilai yang disebut dengan transaksi. Misalnya penjualan adalah transaksi perubahan nilai barang menjadi nilai uang atau nilai piutang dagang. Kesatuan nyata (fact and entity) adalah berupa suatu obyek nyata seperti tempat, benda dan orang yang betul-betul ada dan terjadi. Sumber dari informasi adalah data. Data merupakan bentuk jamak dari bentuk tunggal data-item. Data merupakan bentuk yang belum dapat memberikan manfaat yang besar bagi penerimanya, sehingga perlu suatu model yang nantinya akan dikelompokkan dan diproses untuk menghasilkan informasi.
* Database
Database adalah Kumpulan dari item data
yang saling berhubungan satu dengan
yang lainnya yang diorganisasikan
berdasarkan sebuah skema atau struktur tertentu, tersimpan di hardware komputer
dan dengan software untuk melakukan manipulasi untuk kegunaan tertentu. Menurut
Abdul Kadir dan Terra Ch. Trwahyuni (2003:484) Basis Data adalah suatu
pengorganisasian sekumpulan data yang saling terkait sehingga memudahkan
aktivitas untuk memperoleh infomasi. Diungkapkan oleh Fathansyah (2002:2) Basis
Data merupakan : “Himpunan kelompok data (arsip) yang saling berhubungan yang
diorganisasi sedemikan rupa agar kelak dapat dimanfaatkan kembali dengan cepat
dan mudah. Basis Data adalah kumpulan data yang saling berhubungan yang
disimpan secara bersama sedemikian rupa dan tanpa pengulangan (redudansi) yang
tidak perlu, untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Basis Data adalah kumpulan
file/tabel/arsip yang saling berhubungan yang disimpan dalam media elektronis”.
Berdasarkan beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa database atau
basis data merupakan sekumpulan data yang saling berhubungan yang berfungsi
sebagai penyedia informasi bagi pengguna / user.
* Record
Record adalah Kumpulan dari field
membentuk suatu record. Record menggambarkan suatu unit data individu yang
tertentu. Kumpulan dari record membentuk suatu file. Misalnya file personalia,
tiap-tiap record dapat mewakili data tiap-tiap karyawan.
* Fiel
Field adalah merepresentasikan suatu
atribut dari record yang menunjukkan suatu item dari data, seperti misalnya
nama, alamat dan lain sebagainya. Kumpulan dari field membentuk suatu record.
Field name: harus diberi nama untuk membedakan field yang satu dengan lainnya.
+ field representation: tipe
field (karakter, teks, tanggal, angka, dsb), lebar field (ruang maksimum yang
dapat diisi dengan karakter-karakter data).
+ field value: isi dari
field untuk masing-masing record.
* Entitas
Entitas adalah suatu objek yang dapat
didefinisikan dalam lingkungan pemakai, sesuatu yang penting bagi pemakai dalam
konteks sistem yang akan dibuat. Sebagai contoh pelanggan, pegawai dll.
Seandainya A adalah seorang pegawai maka A adalah isi dari pegawai, sedangkan
jika B adalah seorang pelanggan maka B adalah isi dari pelanggan. Karena itu
harus dibedakan entitas sebagai bentuk umum dari deskripsi tertentu dan isi
entitas seperti A dan B dalam contoh di atas.
+ Fisik Entitas.
Entitas yang bersifat fisik. Contoh :
pegawai, guru, dan karyawan.
+ Konsep Entitas
Entitas yang tidak bersifat konsep.
Contoh: gaji,sekolah.
+ Entitas Kuat
Entitas yang mempunyai atribut kunci.
Entitas ini bersifat mandiri, keberadaanya tidak bergantung pada entitas
lainnya. Percepatan entitas kuat selalu memiliki karakteristik yang unik
disebut identifier(sebuah atribut tunggal atau gabungan atribut-atribut yang
secara unik dapat digunakan untuk membedakannya dari entitas kuat yang lain).
Kebanyakan entitas dalam suatu organisasi dapat digolongkan sebagai entitas
kuat (strong entity) yaitu entitas yang mandiri, yang keberadaannya tidak
bergantung pada keberadaan entitas yang lainnya. Instansiasi entitas kuat
selalu memiliki karakteristik yang unik (dinamakan identifier atau sering
disebut sebagai atribut pengidentifikasi) yaitu, sebuah atribut tunggal atau
gabungan atribut-atribut yang secara unik dapat digunakan untuk membedakannya
dari entitas kuat yang lain.
+ Entitas Lemah
Entitas yang tidak mempunyai atribut
kunci. Entitas lemah diidentifikasikan dengan menghubungkan entitas tertentu
dari tipe entitas yang lain ditambah atribut dari entitas lemah. Tipe entitas
lain yang dipakai untuk mengidentifikasikan suatu entitas lemah disebut
identifying owner dan relasi yang menghubungkan entitas lemah dengan owner disebut
identifying relationship Contoh entitas pegawai.
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar